Terobosan Baru Dari Google

?Sabtu, Juni 07, 2008|→

Beberapa waktu lalu, hampir semua blog tentang web di luar negeri memberitakan tentang layanan baru besutan Google yang diberi nama Google App Engine. Google meliris Google App Engine untuk memperketat kompetensi dengan pesaingnya yaitu aplikasi milik Amazon, Amazon S3. Amason S3 atau Amazon Simple Storage Service merupakan sebuah layanan yang membantu para pengembang software menyimpan data mereka. Amazon yang dirilis pertama kali di Amerika Serikat pada Maret 2006 dan Amazon mulai membuka infrastruktur untuk para pengembang software. Pesaing Amazon S3 adalah Google App Engine besutan Google yang juga mempunyai infrastruktur untuk para pengembang agar mereka dapat fokus untuk pengembangan software.

Google mengatakan Preview rilis Google App Engine telah diluncurkan, dan akan tersedia untuk 10.000 pengembang pertama yang mendaftar ( jadi buruan nanti kehabisan :D ). Google menegaskan bahwa Google App Engine merupakan senjata utama para pengembang aplikasi web yang menggunakan infrastruktur Google. Seperti halnya Blogger yang dengan mudah dapat menciptakan sebuah blog, Google App Engine menjanjikan kemudahan dalam menciptakan dan menjalankan berbagai macam aplikasi web.

Jadi silakan ikuti penuturan selanjutnya :D .......


Google App Engine juga menyediakan untuk penyimpanan dan data base. Jadi anda bisa meng-host data untuk aplikasi web anda dan menggunakan database dari layanan ini juga. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir pemakaian resource hosting anda--yang disebabkan oleh aplikasi web--akan boros. Karena sering kali hosting menyediakan bandwidth unlimited alias tanpa batas, ukuran sampai bergiga-giga, dan sebagainya, tetapi sangat ketat untuk pemakaian resource server.
Walaupun Amazon S3 bukan layanan gratis, Google berusaha menyaingi Amazon dengan menawarkan layanan terbatas dengan gratis, yang meliputi berbagai fitur seperti kapasitas penyimpanan 500 Mb, 200 juta megacycle CPU/hari dan 10 GB bandwidth/hari. Layanan gratis yang mereka berikan sudah cukup untuk mengurus sebuah situs web dengan 5 juta pageviews/bulan. Angka yang memang sudah memadai bagi sebagian besar pengembang dan jika mereka membutuhkan lebih banyak, mereka dapat membeli pada masa mendatang.
Fitur lainnya, jika web anda membutuhkan autentifikasi user, anda bisa memanfaatkan akun Google.

Sekian sekilas berita dari Google App Engine. Untuk lebih jelasnya silakan tanya mbah Google dengan keyword "Google App Engine"

0 komentar: